Monday, 9 May 2011

Semut Oh Semut

Oh semut kenapalah Engkau bagi rosak baju-baju aku..haih tak ingat punya geram..baju yang aku sayang dimakan semut..semut nie suka sangat baju yang corak-corak getah tu.tu yang malas nak beli baju camtu.semut sudah tak de kerja menggigit baju-baju aku..
Agaknya musim semut kot..makanan kalau atas meja pun mesti dikerumuni semut..heran betul..semut yg bau busuk tu..macam mana lah cara nak hapuskan semut nie.Puas aku mencari barulah aku ketemui cara-caranya..tak makan saman betul la semut nie..korang tengok gambar-gambar semut nie pun mesti gerun kan..
 Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka.


 Mencegah kerumunan semut

Berikut adalah beberapa hal penting yang patut anda coba sebelum anda mengambil insektisida, tergantung pada aplikasinya:

1. Tuangkan perasan jeruk sitrun pada sekitar tempat yang seringkali dikerumuni semut.

2. Taburkan bubuk kayu manis atau tempatkan dalam kantong kain tipis di tempat yang rentan dikerubungi semut. Kayu manis merupakan bahan yang paling diminati para pembaca karena sangat efektif.

3. Baking soda dapat mencegah semut. Tuangkan pada tempat-tempat aktifitas dan mereka tida akan melintasinya.


4. Menaburkan bubuk kopi di sekitar tanaman yang sensitif juga dapat mencegah semut.

5. Tuangkan kulit jeruk yang telah diblender ke suatu tempat untuk mencegah semut dari penyebaran.

6. Semut sangat tidak menyukai cuka --- semprotkan cuka di sekitar pintu dan tempat-tempat lain yang seringkali dicari semut untuk mengusir mereka. Satu wadah kecil cuka yang dicampur madu lalu tempatkan pada tempat yang seringkali dikerumuni semut, juga merupakan salah satu kiat.

7. Seorang pembaca melaporkan bahwa bedak bayi dapat menghentikan jejak semut.

8. Tuangkan air mendidih di atas jalur semut. Itu akan menghilangkan jejak aroma.

9. Taburkan bubuk cengkeh di sekitar wadah makanan hewan piaraan.

10. Memindahkan kayu-kayu dan bebatuan di sekitar kebun anda.

11. Tanam pohon mint di sekitar sayuran, bunga taman, dan di sekitar rumah.

12. Beberapa pembaca menemukan kayu manis yang ditaburkan pada jalur semut akan sangat efektif.

13. Minyak jeruk merupakan alat pencegah yang baik. Rendam beberapa utas tali dan tempatkan pada jalur yang dilalui semut.

14. Gunakan sepotong kapur untuk menggambar sebuah garis pada lintasannya-semut tidak akan mau melintasinya. Kapur juga memiliki keuntungan karena dapat digunakan pada permukaan vertikal.

Seorang pembaca berinisiatif memutuskan bekerja sama dengan semut bukan memberantas mereka. Ia membuat lintasan gula jauh dari rumahnya menuju tumpukan kompos dan menghentikan niat semut-semut itu menuju jamuan yang lebih besar di sana. Hal itu cukup berhasil.

Semut menyerang dengan sebuah alasan - biasanya untuk makan dan minum - Jadi jangan lupa menyimpan makanan dengan aman di tempat yang baik dan bersih, setelah anda menyiapkan makanan. Juga periksa pipa air yang bocor, khususnya di bawah tempat pencuci piring. Bangkai serangga dapat merangsang kerumunan semut, maka periksa jendela dan tempat-tempat lain di mana mereka biasanya berkerumun.

Membasmi Semut

Sangat disayangkan, kadang-kadang anda lebih memilih membasmi daripada mencegah mereka. Berikut adalah cara yang lebih ramah untuk melakukannya:

Campurkan 1/8 sendok teh bubuk borak dan gula atau madu yang akan memikat dan membunuh semut-semut itu. Ini adalah campuran yang seringkali digunakan dalam produk komersial khusus untuk semut. Semut pekerja akan membawanya kembali ke sarang dan menularkannya pada semut-semut lain, yang kremudian membunuh koloninya. Sementara borak dalam takaran kecil tidak membahayakan hewan yang lebih besar namun dalam dosis tinggi dapat membahayakan, maka berhati-hatilah menempatkan dan menyimpanannya dari hewan peliharaan dan anak-anak.

Seorang pembaca melaporkan, dengan menggunakan jagung giling kasar dapat membasmi semut; sebuah strategi non-toksik, berhasil ia gunakan selama 20 tahun. Teori dibalik ini adalah semut yang makan jagung giling kasar, ketika ia minum air jagung giling itu akan mengembang pada perut, yang akhirnya membunuh semut-semut itu.

Mudah-mudahan salah satu tips di atas akan dapat membantu anda mengatasi semut dengan ramah lingkungan! Jika anda memiliki tips lain, silahkan hubungi kami.

Tips yang ramah lingkungan merupakan sebuah sumber daya online dengan menawarkan energi baru yang ramah, panduan yang ramah lingkungan, nasehat dan berita-berita yang berhubungan dengan lingkungan untuk membantu para konsumen dan pebisnis, mengurangi biaya, dan pengaruh dampak lingkungan. (Oleh: Michael Bloch/EpochTimes/sua)









No comments: